Fasilitas Cetak Gabung (Mail Merge)
Dalam hal pengiriman surat dengan isi
yang sama seperti surat undangan, surat penawaran, dan lain-lain kepada
beberapa orang, diperlukan cara cepat untuk mengerjakannya. Jika surat dibuat
saw per satu, tentu ini akan merepotkan. Dalam. Word tcrdapat fasilitas cetak
gabung (mail merge)untuk membuat beberapa surat dengan cepat.
Langkah-langkah
untuk menggunakan fasilitas mail merge adalah sebagai berikut.
Untuk
menggunakan fasilitas cetak gabung, terlebih dahulu hams dibuat dua file, yaitu
dokumen utama (main document) dan sumber data (data
source). Dokumen utama berisi teks surat dan field-field, sedangkan sumber
data berisi data-data yang akan digabungkan ke surat (misalnya nama dan alamat
yang dituju). Hal yang harus Anda lakukan adalah sebagai berikut.
1. Membuat Dokumen Utama
Misalnya, anda akan mengirim surat
berikut kepada teman-teman (missal 5 orang).
Solo, 27 Mei 2007
Kepada << >>
Di << >>
Hai,
teman-temanku, besok adalah hari libur. Aku dan keluarga akan mengadakan
liburan ke Gedung Lawu. Aku mengajak kamu untuk bersama-sama kami. Kami tunggu
dirumah agar bisa berangkat bersama-sama.
Salam,
Deni
2. Membuat Somber Data
Setelah dokumen
utama dibuat. kita akan membuat sumber data. Untuk itu, lakukan langkah-langkah
berikut ini.
1. Kliklah menu Tools Letters and Mailings Merge maka pada layar monitor
terlihat Task Pane langkah-langkah pembuatan Mail Merge. Pilih salah satu tipe,
misal Letters kemudian klik Next.
2. Tentukan jenis dokumen yang akan
digunakan, pilih Use the current document karena dokumen aktif (sedang dibuka)
yang akan digunakan. Kemuchan, klik Next.
3. Tentukan siapa raja yang akan menerima
surat. Nama-nama penerima dan alamatnya dapat mengambil dart file yang sudah
ada atau membuat baru. Pilih Type e new list karena nama dan alamatnya baru
akan diketikkan. Akan muneul kotak dialog berikut.
Field di
atas adalah standar (baku) pada Microsoft Word 2003. Entry yang tidak digunakan
dapat Anda hilangkan dengan cara klik Customize Delete.
Jika Anda ingin
mengganti title dengan nama, pilih Rename, kemudian
ketik•kan nama padatitle untuk isian nama, demikian seterusnya
(jika Anda ingin mengubahnya). Hal ini juga berlaku
untuk field lain yang ingin Anda ganti.
Jika masih
ada field standar yang masih tersisa dan tidak digunakan, hapus saja
dengan mengklik Delete maka akan muncul kotak dialog penghapusan. Pilih saja
Kemudian, OK.
4. Selanjutnya, Word akan meminta Anda
untuk menyimpan file data ini, tenni kan Drive dan Folder tempat
penyimpanan, missal beri nama undangan3.doc.
5. Setelah itu, Anda diminta mengisi
field-field yang telah Anda sesiiaikan namanya, misal field yang ada
tinggal Title dan Address Line 1. Kemudian, klik OK.
6. Klik OK. Anda akan kembali ke file dokumen utama.
7. Arahkan pointer ke tempat yang ingin disisipi field yang
telah Anda buat. Kemudian klik Insert Merge Field, panggil
file undangan3.doc. Begitu seterusnya sehingga akan muncul tampilan
sebagai berikut.
8. Klik tombol View Merged Data untuk inehhat hasil penggabungan
dokumen utama dengan sumber data.
3. Melakukan
Cetak Gabung
Selanjutnya, siap dilakukan cetak
gabung untuk menggabung dokumen utama dengan data-data dad sumber data pada
hasil cetakan. Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut.
a. Klik
tombol Merge to Printer.
b. Klik
OK untuk mencetak. Jika tidak ingin mencetak ke printer, Anda dapat mencetak ke
dokumen barn dengan mengklik tombol Merge to New Document.
0 comments:
Post a Comment