1) . Pemeriksaan
Periferal
Pemeriksaan dimaksudkan untuk mengetahui apakah perbaikan sudah berhasil
atau belum. Pemeriksaan dilakukan mulai dari pengecekan kabel, pengetesan cetak
untuk printer, dan pengecekan pada Device
Manager pada komputer. Pengecekan pada device
manager dilakukan dengan klik kanan My
Computer >> Properties >> Hardware >> Device Manager.
Gambar 23. Tampilan Device Manager
Pada kotak dialog tersebut di atas terdapat semua hardware yang terpasang pada komputer. Apabila hardware tersebut
sudah terinstal dan terpasang dengan benar, maka tidak akan muncul tanda “!”
pada hardware tersebut. Apabila ada
kegagalan dalam pemasangan atau penginstalan, akan terdapat tanda “!” pada hardware tersebut.
2) Penyusunan laporan
Setiap terjadi kerusakan atau maintenance
pada sebuah periferal perlu dilakukan pencatatan atau pembuatan laporan.
Laporan dapat berupa log sheet atau sejenisnya, dengan log sheet yang dibuat
setiap melakukan perbaikan terhadap periferal akan mempermudah pengecekan
kondisi komputer dan periferalnya.
Dalam logsheet yang perlu dilaporkan meliputi:
·
Tanggal : waktu kapan dilakukan perbaikan suatu periferal
·
Nama periferal : nama atau jenis periferal yang dimaintenance
·
Gejala kerusakan : gejala dari periferal yang mengalami kerusakan
·
Tindakan korektif : tindakan yang dilakukan untuk melakukan perbaikan terhadap periferal.
·
Keterangan : dapat berupa hasil dari perbaikan periferal.
Tabel : Laporan
(Log-sheet)
No
|
Tanggal
|
Nama periferal
|
Gejala kerusakan
|
Tindakan korektif
|
keterangan
|
Rangkuman.
Pemeriksaan dimaksudkan untuk mengetahui apakah perbaikan sudah berhasil
atau belum. Pemeriksaan dilakukan mulai dari pengecekan kabel, pengetesan cetak
untuk printer, dan pengecekan pada Device Manager pada komputer.
0 comments:
Post a Comment